Felix Deny

Relax It's My Life

Gempa Aceh 2 Juli 2013

Tinggalkan komentar

Gempa Aceh 2 Juli 2013

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi 88 kali lindu susulan pasca-gempa besar yang melanda Aceh, Selasa 2 Juli 2013 lalu. “Sampai tanggal 8 Juli telah terekam 88 gempa bumi susulan,” kata Deputi Bidang Geofisika Prih Haryadi,

Aceh kembali diguncang gempa pada 2 Juli 2013. Kekuatan gempa mencapai 6,2 SR di kedalaman 10 km. Pusat gempa terjadi di jarak 35 km barat daya Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Gempa yang terjadi masih dalam tingkat VIII MMI. Artinya, dampak gempa dapat merusak bangunan dengan konstruksi kuat. Retak pada bangunan dengan konstruksi kurang baik, dinding lepas dari rangka rumah, cerobong asap pabrik dan monumen roboh, serta air menjadi keruh. “Gempa susulan akan mereda pada 2-3 minggu setelah gempa pertama terjadi,” lanjut Haryadi.

Dampak Gempa

Gempa tektonik berkekuatan 6,2 Skala Richter  yang menguncang dataran tinggi gayo kabupaten Benar Meriah dan Aceh Tengah pada, Selasa (2/7) lalu, selain menghancurkan belasan ribu rumah dan gedung pemerintah dan swasta juga ikut amblas  perkampungan penduduk serta hilangnya lahan pertanian dan tempat usaha milik perusahaan besar dan milik warga setempat, akibatnya ribuan penduduk Aceh Tengah kini kehilangan mata pencarian, termasuk sejumlah Mapolsek di Aceh Tengah juga hancur.

Dampak dari gempa di Aceh Tengah tidak hanya merusak imprastruktur pemerintahan seperti perkantoran,  gedung sekolah, jalan dan jembatan serta rumah penduduk, tetapi ribuan hektar lahan pertanian juga hancur dan pabrik kopi yang selama ini mempekerjakan ribuan warga juga hancur rata dengan tanah begitu juga lahan pertanian warga banyak yang daerahnya amblas bersama dengan perkampungan penduduk di Kecamatan Ketol dan sejumlah kecamatan lain di Aceh Tengah.

Untuk membangun kembali berbagai fasilitas publik dan menciptakan lapangan kerja baru perlu kerja keras dan dukungan semua pihak, apalagi Aceh Tengah selama ini banyak yang mengguntuk hidup pada sektor pertanian sebagai petani kopi dan ada ribuan warga juga tercatat sebagai pekerja di pabrik kopi dan pabrik tersebut kini sudah hancur sehingga pekerjaan kehilangan mata pencaharian.

Menyangkut dengan kondisi korban gempa saat berbagai kebutuhan logistik atau bantuan yang disampaikan telah disalurkan kepada semua korban, meskipun demikian dalam penyaluran kadang ada yang banyak dapat dan ada juga yang sedikit, khususnya mereka yang tidak tergabung dalam titip pengungsian dan memilih bertenda didepan rumah kadang bantuan minim karena sulit mengkau mereka yang bertebaran di 12 kecamatan yang terkena dampak gempa.

Kondisi korban ada yang sakit, tetapi tim medis ada dilokasi pengungsian yang menderira sakit ringan langsung ditangani ditempat pengungsian tetapi kalau korban sakit parah dirujuk ke Rumah Sakit untuk penanganan lebih serius.

Sumber:

http://news.liputan6.com/read/634675/bmkg-gempa-susulan-aceh-mereda-dalam-2-3-minggu

http://www.suarapembaruan.com/home/gempa-aceh-ribuan-warga-kehilangan-mata-pencarian/38171

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.