Pemain Sepak bola keturunan Indonesia kini bisa membela tim nas Indonesia. Hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah untuk melakukan naturalisasi pemain sepak bola. Meski kebijakan ini baru sebatas bagi mereka yang memiliki asal usul atau orang tua yang berasal dari Indonesia. Sedangkan bagi mereka yang masih murni warga negara asing, belum memiliki kesempatan untuk membela tim nasional Indonesia. Walaupun kualitas yang dimiliki sudah terbukti dan memiliki keinginan untuk bermain bagi tim merah putih.

 

Contoh beberapa pemain sepak bola asing yang berminat membela timnas Indonesia adalah Christian Gonzales dan Ronald Fagundez. Kedua pemain tersebut pada saat ini memiliki istri yang berasal dari Kediri serta Makasar. Oleh karena itu, mereka berdua menyatakan keinginannya untuk mengikuti seleksi tim nasional sepak bola Indonesia.

Dampak Naturalisasi

Dampak negatifnya antara lain adalah :

Kebijakan naturalisasi ini bagi sebagian pihak dianggap kurang memiliki manfaat.

Selain itu, dengan adanya naturalisasi dianggap sama dengan jalan pintas untuk mencari prestasi, namun mengesampingkan proses pemajuan sepak bola.

Untuk manfaatnya adalah motivasi bagi dunia persebakbolaan nasional untuk dapat menciptakan pola pembinaan, regenerasi, dan kompetisi yang terarah.

Juga Dengan adanya naturalisasi maka akan ada penyegaran tim yang bisa berujung pada kejayaan Timnas