Paru-paru basah adalah suatu peradangan yang terjadi pada paru-paru, biasanya akibat kontaminasi. Tiga penyebab umum adalah bakteri, virus dan jamur. Anda juga bisa mendapatkan Paru-paru basah secara tidak sengaja dengan menghirup cairan atau bahan kimia. Kebanyakan orang memiliki peningkatan risikopada usia lebih dari 65 tahun atau anak dibawah 2 tahun, atau bila memiliki kondisi kesehatan yang buruk.

Jika Anda memiliki radang paru-paru, Anda bisa mengalami kesulitan bernapas, mungkin juga akan mengalami batuk dan demam. Pemeriksaan fisik dan riwayat sakit mungkin membantu menentukan apakah Anda telah terkena Paru-paru basah. Rontgen dada dan tes darah mungkin membantu mengetahui apa ada kelainan. Pengobatan tergantung pada apa yang membuat Anda sakit. Jika penyebabnya adalah bakteri, mungkin antibiotik dapat membantu. Radang paru-paru mungkin menjadi lebih baik dengan istirahat dan minum cairan.

Mencegah Paru-paru basah adalah jauh lebih baik daripada mengobati. Langkah-langkah keamanan terbaik meliputi mencuci tangan Anda sering, tidak merokok, dan mengenakan masker saat membersihkan daerah yang berdebu atau berjamur.

Gejala Paru-paru basah

Para tanda-tanda Paru-paru basah bisa bervariasi dari ringan sampai berat, sesuai dengan faktor-faktor risiko Anda dan bentuk Paru-paru basah Anda. Gejala yang umum adalah gejala yang sama disebabkan oleh pilek atau mungkin flu.

Ciri-ciri penyakit paru-paru basah adalah :

Batuk
Demam
Membawa lendir setelah Anda batuk
Kesulitan bernapas
Panas dingin
Masalah jantung

Pengobatan Paru-Paru basah

Pengobatan tergantung pada jenis Paru-paru basah Anda, seberapa parah gejala-gejala anda, bagaimana kesehatan Anda secara keseluruhan, juga usia Anda.

Untuk Paru-paru basah bakteri, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik. Gejala utama mungkin  hanya dalam beberapa hari, meskipun batuk membutuhkan beberapa minggu. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dokter Anda dengan hati-hati. Mengambil setiap salah satu obat antibiotik yang diresepkan dokter.

Bila Anda memiliki radang paru-paru, dokter Anda mungkin akan berbicara kepada anda tentang metode untuk mengobati gejala. Over-the-counter (OTC) obat-obatan tersedia untuk menurunkan demam, meredakan nyeri dan kemudahan batuk anda. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum menggunakan pereda batuk.

Jika Anda memiliki semacam Paru-paru basah, sangat penting untuk mendapatkan banyak tidur dan minum banyak cairan.