Jakarta merupakan Kota yang terkenal di Indonesia karena kota tersebut merupakan ibu kota Negara Indonesia. Juga Indonesia merupakan pusat metropolitan di Indonesia. Karena Jakarta merupakan kota yang padat, maka Jakarta juga banyak memiliki masalah dan bencana. Bencana yang paling sering terjadi di Jakarta adalah banjir.

Berikut penyebab masalah banjir di Jakarta :

1. Penyempitan sungai/kali

Penyebab banjir di Jakarta area tangkapan sungai sudah semakin berkurang. Khususnya di Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

Contohnya bisa dilihat di Kali Krukut yang lebarnya rata-rata hanya lima meter. Seharusnya lebar normalnya  sepuluh meter.

Di Jakarta, lebar sungai kebanyakan hanya sekitar lima meter. Padahal agar berfungsi sebagai area tangkapan yang normal, setidaknya dibutuhkan lebar sepanjang 20 meter.

2. Kali meluap

Faktor kedalaman sungai yang ‘dihemat’ membuat semuanya masuk akal bila kali-kali di Jakarta meluap dengan mudahnya. Apalagi di musim hujan, meski intensitas curah hujan tak begitu besar, meluapnya beberapa kali sudah cukup untuk membuat banjir kiriman.

3. Daerah hulu terpisah

daerah hulu seperti Bogor dan Cianjur harus digandeng. Selain itu, beberapa wilayah seperti Tangerang, Bekasi dan Depok juga perlu digandeng agar banjir tak lagi menyerang Jakarta. Wilayah Jakarta itu sendiri juga harus dibenahi.

Bisa disimpulkan, banjir di Jakarta disebabkan karena kelalaian sendiri. Sungai yang seharusnya bisa menampung air hujan malah berfungsi tidak sebagaimana mestinya. Serta pengaturan tata letak kota yang seharusnya bisa mengantisipasi banjir, apalagi sekelas ibukota.

Solusi menanggulangi banjir di Jakarta

  1. Memfungsikan sungai dan selokan sebagai mana mestinya. Jangan malah menjadi pembuangan sampah
  2. Membuat peraturan larangan untuk mebangun rumah di dekat sungai. Biasanya para pendatang di Jakarta akan membangun rumah di dekat sungai. Padahal hal itu justru dapat menimbulkan kerusakan lingkungan dan banjir.
  3. Membuat sumur resapan.
  4. Membuat bendungan penahan.

refrensi:

http://gugling.com/2012/04/04/3-faktor-utama-penyebab-banjir-di-jakarta/

http://www.anneahira.com/cara-menanggulangi-banjir.htm