DKI Jakarta adalah salah satu kota dengan tingkat polusi paling tinggi di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya kerusakan di berbagai aspek lingkungan. Seperti udara, diakibatkan oleh melonjaknya volume kendaraan bermotor yang menyebabkan tingkat polusi udara di DKI Jakarta semakin meningkat.

Karena asap dari kendaraan bermotor tersebut mengandung unsur senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia, maupun kondisi lingkungan.Selain asap kendaraan, asap rokok juga tidak kalah buruknya dari asap kendaraan karena mengandung unsur unsur senyawa kimia yang dapat menyebabkan penyakit.

DKI Jakarta adalah kota dengan tingkat polusi terburuk nomor 3 di dunia (setelah kota di Meksiko dan Thailand). Masih dalam skala global, kadar partikel debu (particulate matter) yang terkandung dalam udara Jakarta adalah yang tertinggi nomor 9 (yaitu 104 mikrogram per meter kubik) dari 111 kota dunia yang disurvei oleh Bank Dunia pada tahun 2004

Dampak polusi terhadap kesehatan

Jangka pendek:

– Perawatan di rumah sakit, kunjungan ke Unit Gawat Darurat atau kunjungan rutin dokter, akibat penyakit yang terkait dengan respirasi (pernapasan) dan kardiovaskular.

– Berkurangnya aktivitas harian akibat sakit

– Jumlah absensi (pekerjaan ataupun sekolah)

– Gejala akut (batuk, sesak, infeksi saluran pernapasan)

– Perubahan fisiologis (seperti fungsi paru dan tekanan darah)

Jangka panjang:

– Kematian akibat penyakit respirasi/pernapasan dan kardiovaskular

– Meningkatnya Insiden dan prevalensi penyakit paru kronik (asma, penyakit paru osbtruktif kronis)

– Gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin

– Kanker

Refrensi:

http://www.republika.co.id/berita/rol-to-school/tim-jurnalistik-sma-se-jakarta-timur/12/05/24/m4i99g-tingkat-polusi-di-jakarta-semakin-tinggi

http://lintascafe.com/2012/07/03/jakarta-polusi-terburuk-ketiga-dunia-yuk-maskeran/

http://io.ppijepang.org/v2/index.php?option=com_k2&view=item&id=268:dampak-polusi-udara-terhadap-kesehatan