Windows 8, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard. Sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat Tablet sentuh.

Microsoft secara resmi mengumumkan jadwal perilisan sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober 2012, bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8.

Microsoft telah megeluarkan versi Release Preview, untuk dicoba di seluruh dunia dan di tampung komentar mereka untuk pembangunan Windows 8 menjadi lebih baik  Microsoft pun kini telah mengeluarkan Windows 8 Enterprise yang memiliki fitur paling lengkap di antara versi Windows 8 lainnya, seperti layar mulai yang memiliki pilihan latar belakang yang lebih banyak dan penuh warna.

Spesifikasi yang di  butuhkan untuk windows 8

System Requirements

Ada beberapa kebutuhan hardware yang harus diperhatikan sebelum menginstal Windows 8 khususnya untuk PC. Berikut daftar spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows 8.

Arsitektur 32-bit 64-bit
Prosesor 1 Gigahertz (mendukung PAE, NX, dan SSE2) 1 Gigahertz (mendukung PAE, NX, dan SSE2)
Memory (RAM) 1 Gb 2 Gb
Kartu Grafis Hardware dengan dukungan DirectX 9 dan WDDM > 1.0 Hardware dengan dukungan DirectX 9 dan WDDM > 1.0
Penyimpanan 16 Gb 20 Gb

Fitur – fitur pada windows 8

1. User Interface

Sebenarnya Microsoft tak lagi menggunakan nama ‘Metro’ untuk tampilan antar muka bergaya kotak-kotak di Windows 8, lantaran tersandung kasus paten. Belakangan tampilan ini disebut sebagai modern UI style.
Tampilan modern UI style yang berdesain kotak-kotak memang mendongkrak penampilan Windows 8 menjadi terlihat modern.

2. Picture Password

Windows 8 menawarkan metode terbaru untuk login ke dalam komputer. Diberi sebutan picture password karena pengguna dapat menggunakan koleksi gambar pribadinya sebagai password dengan ditambahkan beberapa sentuhan di bagian gambar tersebut, maka gambar dan gesture yang diberikan akan membawa Anda login ke dalam komputer.

3. People’s Address Book

Dalam Windows 8 telah tersedia fitur seperti Address Book, Microsoft memberi sebutan People’s. Hebatnya, pengguna tidak perlu memasukan satu per satu kontak yang diinginkan pada People’s.
Pengguna hanya perlu menghubungkan People’s pada akun jejaring sosial miliknya, maka secara otomatis seluruh teman dalam akun jejaring sosial pengguna akan masuk dalam list People’s.

5. Windows Store

Windows Store adalah layanan online terbaru milik Microsoft. Layanan ini pastinya hanya dapat diaskses melalui komputer yang mengunakan Windows 8, baik melalui komputer atau notebook, tablet, maupun smartphone.

Windows Store berisi aplikasi menarik seperti games dan lain-lain. Bahkan di dalam Windows store telah berisi 50 aplikasi lokal besutan developer dalam negeri.
Aplikasi dalam Windows Store dapat didownload secara gratis ataupun berbayar.

Refrensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_8

http://www.fazar.net/review-tips-windows-8/

http://inet.detik.com/read/2012/10/30/092824/2075819/398/6/5-fitur-unggulan-windows-8

Iklan