Augmented Reality Technology (BI SS 2012)

Realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Augmentation secara konvensional dalam real-time dan dalam konteks semantik dengan unsur-unsur lingkungan, seperti skor olahraga di TV selama pertandingan. Dengan bantuan teknologi canggih AR (misalnya menambahkan visi komputer dan objek pengakuan) Informasi tentang dunia nyata sekitar pengguna menjadi interaktif dan dimanipulasi secara digital.

Buatan informasi tentang lingkungan dan benda-benda yang dapat dilakukan overlay pada dunia nyata. Augmented Reality (Realitas bertambah) menjadi Istilah yang diyakini telah diciptakan pada tahun 1990 oleh Thomas Caudell, saat bekerja di Boeing.

Penelitian AR mengeksplorasi aplikasi komputer-generated imagery dalam video stream yang hidup sebagai cara untuk meningkatkan persepsi dunia nyata. AR teknologi termasuk head mount display dan retina maya menampilkannya untuk tujuan visualisasi, dan konstruksi lingkungan terkendali yang mengandung sensor dan aktuator.

Pemanfaatan Augmented Reality Technology

Permainan menembak dalam game video dapat mensimulasikan sudut pandang pemain menggunakan AR untuk memberikan petunjuk visual untuk lokasi, tandai jarak arah orang lain yang tidak saling berhadapan dan memberikan informasi tentang peralatan seperti amunisi yang tersisa. Hal ini dilakukan dengan menggunakan virtual display yang dipasangkan pada bagian kepala.

Demikian pula seperti AR yang diterapkan pada mobil atau dalam pesawat biasanya terintegrasi ke kaca depan. Pilot F-35 pada Lightning II mampu melihat informasi melalui helm nya sehingga memungkinkan pilot untuk melihat melalui dinding pesawat seolah-olah ia melayang di angkasa

Perancis belum lama ini sekitar Agustus 2011 di bandara Perancis menyajikan layanan agen-nya secara “virtual” dalam upaya untuk meramaikan terminal dengan avatar abad ke-21 yang selalu tersenyum, tidak perlu istirahat dan tidak pernah mogok.

Salah satu produsen mobil terkemuka di Inggris telah meluncurkan kampanye augmented reality menampilkan 7 kursi baru produk mobilnya di salah satu mal. Publikasi tersebut memungkinkan orang untuk menangani dan mengeksplorasi 3D “virtual” model mobil pada layar dan di telapak tangan mereka.

Publikasi ini dibuat oleh Ogilvy & Mather di London dan Grand Visual, dan menggunakan perangkat lunak Inition augmented reality untuk menggabungkan rekaman kehidupan nyata dengan versi foto-nyata 3D produk mobil di layar. Pengguna berinteraksi dengan mobil hanya dengan memegang tangan mereka ke layar.

Tombol virtual memungkinkan pengguna untuk memilih warna mobil, pintu terbuka, lipat kursi datar, menghidupkan mobil 360 derajat dan pilih demo fitur kunci mobil. Kegiatan tersebut merupakan  kampanye pertama augmented reality menggunakan teknologi pencitraan 3D mendalam di Inggris.

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_tertambah

http://www.pekalongankab.go.id/fasilitas-web/artikel/teknologi/1416-teknologi-optik-hologram-dan-qaugmented-realityq-.html