Keamanan Website Presiden (BI SS 2012)

Situs resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono(SBY) beralamat http://www.presidensby.info, sempat berubah tampilan. Situs yang biasanya memuat kegiatan presiden ini, hanya menampilkan layar hitam dan tidak bisa membuka konten-konten di dalamnya. Situs SBY sedang diserang peretas.

Para peretas tidak menyampaikan pesan secara khusus, setelah berhasil meretas situs milik Presiden SBY tersebut. Namun berisi tulisan “! Hacked by MJL 007 ! This is a PayBack From Jember Hacker Team.”

Tidak lupa, para peretas mencantumkan alamat surat elektronik mereka, yakni Jemberhackerterorrist@gmail.com pada bagian bawah situs tersebut. Identitas para peretas juga dicantumkan, antara lain Unwanted, Wayc0de, RSHx0r, Akinari, After01, Admin07, Anarchy666, ChengCheng, Star.anggam, d3ViLfac3, dillahdejavu, SiuM4n, T0L3, dan Endy Hacker Id. Sekitar pukul 11.00 WIB, situs tersebut sudah kembali normal, dan bisa diakses seperi semula.

Menurut I Made Wiryana, pembuat website presiden Presiden SBY sekaligus Pakar Telematika Universitas Gunadarma mengatakan bahwa siapapun dapat melakukan pemindahan DNS. Dengan catatan, ia mengetahui program “eksploit” khusus yang digunakan untuk mengubah DNS.”Selama ia terhubung dengan komputer, serta nyambung ke internet, dapat melakukan pemindahan DNS,” jelasnya. Tak terkecuali seorang lulusan SMK, di mana ia bisa saja mendapatkan program tersebut untuk dapat memodifikasi DNS. Menurutnya, program tersebut memang tidak ditemukan secara bebas, melainkan bisa beredar dari tangan ke tangan.

“Sosial media, urgennya di pengguna. Pengguna harus lebih aware, karena jebakan lebih banyak,” ungkapnya. Ia mengatakan, jebakan tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari penawaran hadiah serta gambar penggoda yang menampilkan foto syur. Misalnya saja, lanjutnya, pengguna mengklik salah satu link penggoda yang menawarkan hadiah tertentu. Ketika ia telah klik link tersebut, pengguna bisa saja memasukan identitas pribadi serta password-nya. Inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh pelaku.

Sumber:

http://www.merdeka.com/peristiwa/situs-resmi-sby-sempat-diretas-diisi-gambar-mirip-pocong.html

http://techno.okezone.com/read/2013/01/29/55/753381/cara-kerja-hacker-menurut-pakar-it