Tepatkah Roy Suryo Menjadi Menpora

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya mengumumkan secara resmi penunjukkan Roy Suryo sebagai Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora).  Penunjukkan itu dilakukan Presiden setelah sebelumnya Andi Malarangeng mengundurkan diri dari jabatan Menpora setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Andi sebagai tersangka dugaan korupsi Proyek Hambalang.

Presiden dalam keterangannya di Kantor Presiden Jakarta Jum’at (11/1) menjelaskan bersama Wakil Presiden Boediono serta sejumlah Menteri terkait, dirinya telah mewawancarai Roy Suryo. Dan dari hasil uji kelayakan,  Roy Suryo menurut Presiden dinilai tepat menjabat sebagai Menpora.

SBY langsung memberi tiga tugas penting untuk Roy Suryo sebagai Menpora baru. Pertama, melakukan konsolidasi di internal Kementerian Pemuda dan Olahraga “Mengingat ada permasalahan berkaitan dengan lingkup dan tugas wilayah Kemenpora yang terus menjadi perhatian publik dan sedang proses di KPK, yaitu kasus Hambalang.”

Untuk itu SBY menginstruksikan Menpora baru untuk mengkonsolidasikan jajarannya guna menjalankan tugas dengan baik. Kedua, melanjutkan prestasi yang telah diraih oleh Menpora sebelumnya, Andi Mallarangeng. “Untuk kembali berjaya dalam SEA Games, di mana yang sejak tahun 1997 itu tidak bisa dilakukan, tahun 2012 bisa diraih. Itu harus kita jaga,” kata SBY.

Ketiga, bekerja sama dengan Komite Olahraga Indonesia (KOI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk segera mengakhiri masalah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Roy Suryo sendiri sudah mengetahui ketiga tugas penting ini ketika ia diwawancarai oleh Presiden SBY.

Kenapa SBY menunjuk Roy Suryo yang belum berkecimpung dalam dunia olahraga untuk menggantikan Andi Malarangeng? “Yang bersangkutan saya pandang cakap untuk menjadi Menpora. Saya juga sudah mempertimbangkan integritas dan kapabilitasnya,” kata SBY.

SBY mengaku sudah mempertimbangkan masak-masak pengangkatan Roy Suryo. SBY juga sudah mengetes Roy Suryo dan hasilnya, anggota Komisi I DPR ini lolos. “Yang bersangkutan telah saya interview dan fit and proper test, hasilnya baik. Dengan demikian saya memutuskan yang bersangkutan menjadi menpora,” kata SBY yang mengenakan kemeja biru ini

Sumber:

http://www.voaindonesia.com/content/presiden-sby-tunjuk-roy-suryo-sebagai-menpora/1581838.html

http://fokus.news.viva.co.id/news/read/381440-mengapa-presiden-sby-memilih-roy-suryo-menjadi-menpora

http://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/sby-roy-suryo-cocok-jadi-menpora-4229bc.html