Sistem Operasi Firefox

Pada MWC 2013  yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol 25-28 Februari 2013 lalu, Mozilla memperkenalkan Firefox OS, suatu ekosistem mobile yang bersifat “open”.  Smartphone Firefox OS adalah perangkat pertama yang menggunakan teknologi “open Web standard”, memungkinkan semua fitur dapat dikembangkan dengan HTML5. Mozilla mengumumkan partnershipnya dengan 18 operator dan 4 industri produsen mobile yang akan meluncurkan perangkat Firefox OS muncul di 2013 ini di beberapa Negara seluruh dunia, dan memfokuskan agar muncul di pasar smartphone.

Inovasi dengan pen Web Standards

Mozilla membuat ekosistem mobile Web, dengan aplikasi yang dapat dijalankan pada beberapa sistem operasi mobile, Mozilla berterimakasih pada HTML5 yang sudah diimplementasikan pada banyak platform. Untuk ini, kita membuat bermacam Web API baru, bermacam API yang memungkinkan Web App dapat melakukan seperti yang dilakukan pada native apps. Contohnya, dengan Web API baru ini, sebuah halaman Web dapat mengakses fitur pada mobile phone seperti GPS, accelerometer, kamera, dan lainnya.

Inovasi lainnya yang menggunakan Open Standards dipresentasikan pada event MWC adalah WebRTC, sebuah fitur yang mengaktifkan audio, video dan data (chat) komunikasi diantara dua endpoint HTML5.

Sistem operasi ini menggunakan standar open web dan aplikasinya dikembangkan dengan teknologi HTML5 yang akan tersedia secara gratis. Firefox OS mengusung model open source, mirip dengan Android. Tentunya dengan teknologi HTML5 dan standar baru API Mozilla akan mempermudah pengembang aplikasi dalam mengembangkan aplikasi di sistem operasiini. Pengembang aplikasi nantinya tidak akan lagi perlu belajar dan mengembangkan aplikasi terhadap platform dengan API spesifik yang telah tersedia. Pengembang aplikasi pun akan sangat terbiasa membuat aplikasi di platform ini.

Memberikan Web kepada Massa

Firefox OS memberikan kebebasan dan inovasi yang tak terbatas dari open Web kepada user mobile dimanapun. Dengan dukungan dari komunitas Firefox yang sangat antusias dan dedikasi partner, tujuan  adalah untuk meningkatkan playing field dan mengantar user pada konten yang melimpah dan layanan yang akan memenuhi kebutuhan yang beragam dari dua miliar orang berikutnya secara online.

Partisipasi Komunitas

Mozilla memiliki prinsip Community is a Backbone yang mana mereka tidak akan ada tanpa partisipasi dari para volunteer di setiap aspek pekerjaan Mozilla. Tidak hanya para karyawan Mozilla, tetapi para volunteer juga ikut serta berpartisipasi pada event MWC 2013 ini.

Sumber:

http://nantiaja.com/mozilla/mwc-2013-firefox-os-sistem-operasi-dari-mozilla/

http://www.teknojurnal.com/2012/12/12/firefox-os-sistem-operasi-terbaru-berbasis-web-dari-mozilla/