ipad mini

Apple dikenal gemar mendaftarkan paten teknologi atau nama yang diklaim miliknya. Sayangnya untuk nama iPad Mini, mereka kurang beruntung.

Kantor Hak Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (AS) menolak permintaan Apple untuk mematenkan iPad Mini. Alasannya, penyebutan Mini pada produk iPad dianggap tidak memiliki arti yang unik, hanya deskriptif.

Baik sebagai istilah individual atau gabungan, iPad mini tidak menciptakan makna, unik, aneh, atau non-deskriptif dalam kaitannya dengan barang perangkat genggam kecil komputer tablet yang mampu memberikan akses internet, demikian isi keputusan tersebut.

iPad Mini yang berukuran 7,9 inch diluncurkan Apple pada Oktober 2012. Dan dipasarkan sejak awal November tahun lalu dengan sambutan cukup meriah. Sejak Oktober 2012 hingga Januari 2013, iPad dan iPad Mini terjual sebanyak 22,9 juta unit di seluruh dunia. Apple sendiri terlibat serangkaian perebutan hak paten dengan beberapa perusahaan pesaingnya, terutama Samsung.

Gagalnya pengajuan hak paten ini bukan yang pertama kalinya didapatkan oleh Apple sebelumnya juga Apple gagal dalam mendapatkan paten dari beberapa produknya. Termasuk diantaranya paten atas design iPhone dan lainnya.

Apple memang masih bisa memprotes keputusan tersebut sampai bulan Juli. Dan jika mereka bisa mengajukan alasan lebih kuat, mungkin saja akhirnya paten iPad Mini diberikan.

Sumber:

http://swa.co.id/technology/apple-gagal-patenkan-ipad-mini-di-as

http://inet.detik.com/read/2013/04/01/114551/2208134/399/apple-gagal-patenkan-ipad-mini