Twitter SBY Dampak Positif Dan Negatif

Presiden SBY siap nge-tweet untuk berkomunikasi dengan followersnya. Ada dampak positif dan negatif dari upaya Presiden SBY untuk lebih dekat dengan rakyat Indonesia ini.

 

Membuka twitter menjadi urgent untuk SBY. Sebab, selama ini kegelisahan utama SBY yang kerap diungkapkan tentang Partai Demokrat ialah belum padunya komunikasi publik para elite partai. Dengan membuka akun twitter, praktis arus utama komunikasi politik akan lebih tertata sebab alaminya info dari akun SBY akan menjadi ‘mainstream’.

 

Ibarat kedua sisi mata uang, penilaian terhadap upaya ini tak selalu menjadi pandangan negatif. Nyatanya tak sedikit pula yang memandang hal ini sebagai upaya positif dengan langkah strategis melalui pemanfaatan kemajuan teknologi komunikasi sebagai media. Hal ini juga dinilai sebagai opsi yang variatif bagi jembatan komunikasi antara rakyat dan penguasanya. Pertama, ada keterbukaan yang sifatnya total. Berbeda dengan SMS, email atau surat, publik bisa menyampaikan langsung pendapat dan konfirmasi kepada SBY. Ini berarti kita tidak perlu bertanya-tanya apakah kritik dan pertanyaan kita sampai atau tidak ke SBY

 

Nilai positif yang kedua, dari sisi politik, SBY juga bisa mengurangi distorsi informasi tentang Demokrat. Karena info tentang partai dari elite dan publik menjadi tidak berjarak.

Nilai positif yang ketiga, dari sisi kenegaraan, SBY seharusnya bisa memanfaatkan media ini sebagai bahan awal untuk mengetahui keinginan publik. “Bisa untuk menerka mood publik atas kebijakannya,” katanya.

 

Selain nilai positif, tentu ada nilai negatifnya. Nilai negatif yang harus diwaspadai adalah bila tidak dikelola dengan baik, maka twitter ini akan menjadi bumerang.

 

Bila tidak dikelola dan didukung oleh tim yang baik, strategi ini bisa menjadi semacam ‘backfire’. Bila content yang ditampilkan terlalu personal, kurang bermutu, atau bahkan kurang cepat dan telat merespons, publik bisa menilai langkah ini menjadi manuver pencitraan yang kental nuansa basa basi..

 

Nilai negatif lainnya adalah SBY harus menghadapi cyber bullying. Diharapkan SBY tidak mudah terpancing emosi atau keinginan untuk berkeluh kesah.

 

Sumber:

http://news.detik.com/read/2013/04/12/100134/2218384/10/sby-siap-nge-tweet-ini-dampak-positif-negatifnya

http://www.tribunnews.com/2013/04/14/pentingkah-sby-memiliki-akun-twitter